Halloseleb.com, Jakarta – Finalis Puteri Indonesia 2020 asal Sumatera Barat, Kalista Iskandar menjadi sorotan karena tidak hafal Pancasila. Kronologinya bermula pada saat Top 6 Putri Indonesia 2020 sedang menjawab pertanyaan dari dewan juri dan sosial media.

Kalista mendapatkan pertanyaan dari Bambang Soesatyo, untuk menyebutkan 5 sila yang terkandung dalam Pancasila. Sayang, Kalista hanya berhasil menjawab sila ke-1 sampai sila ke-3 dengan benar, namun ketika sampai di sila ke-4 dan sila ke-5, Kalista seperti bingung dan sulit menjawab.

Kata-katanya terlihat berantakan dan tidak sesuai dengan sila dalam Pancasila yang diketahui secara umum. Langkah Kalista berhenti di Top 6.

Netizen ramai menanggapi hal ini dengan berbagai versi. Presenter kritis pemandu acara tv Mata Najwa juga bereaksi. Berikut ini respon super bijaknya lewat instagram @najwashihab, sebagai berikut :

Ramai soal Puteri Sumatera Barat Kalista Iskandar yang sempat salah menyebutkan Pancasila saat menjawab pertanyaan Ketua MPR Bambang Soesatyo. Saya jadi teringat pengalaman siaran langsung pertama kali. Gugup luar biasa. Saya sampai salah menyebut nama sendiri. Bayangkan, perdana muncul di televisi tapi memperkenalkan diri sebagai orang lain.

Teringat juga pengalaman meliput bencana tsunami di Aceh. Karena kekalutan situasi saya salah menyebut Kota Calang menjadi Calung. Usai laporan langsung itu, saya dihampiri oleh seorang bapak sambil menangis, karena ia masih menunggu kabar dari keluarganya di kota yang saya salah sebut tadi. Jadi saya bisa memahami kegugupan yang pasti berkali-kali lipat dihadapi Kalista tadi malam. Hanya diberi waktu menjawab 30 detik di tengah riuh rendahnya sorakan penonton.

Ketua MPR Bambang Soesatyo yang tadi malam mengajukan pertanyaan hafalan itu, juga pernah berada di situasi yang hampir mirip. Saat momen pelantikannya menjadi Ketua DPR. Walau bukan hapalan, karena ia dituntun saat mengucapkan sumpah, tapi ia juga sempat salah ucap sumpah. Bahkan sampai 3 kali. We are all humans after all. (*/bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here